ArcGIS 10.1

Perkembangan perangkat lunak Sistem Informasi Geografis (SIG) saat ini sungguh luar biasa. Awal tahun 2000-an, membuat peta secara digital harus dilakukan secara sabar dan telaten karena perintah-perintah (command) dalam komputer masih harus diketik dalam perintah baris (line comamand) atau mungkin dalam menu tarik (pull down menu) yang sederhana. Pada waktu itu, di Geografi UGM kebanyakan masih menggunakan produk ESRI PC ArcINFO 3.5. Beberapa dosen dan mahasiswa menyiasati kondisi tampilan antar muka pengguna grafis (grafical user interface) yang sederhana tersebut dengan menuliskan SML (simple macro language) – bahasa pemrograman. Hasilnya pekerjaan membuat peta dapat diselesaikan lebih cepat, karena beberapa perintah dapat dikumpulkan dan hanya dibutuhkan satu atau dua klik tombol fungsi (F…) untuk menjalankannya.

Sepuluh tahun lebih setelahnya, tahun ini, perangkat lunak telah mengalami perkembangan pesat. Hampir seluruh fungsi (perintah) dapat dijalankan dari kumpulan tombol-tombol pintas (shortcut) yang disajikan jauh lebih menarik dan terkesan lebih mudah. ESRI sebagai salah satu penyedia perangkat lunak, telah meluncurkan versi perangkat lunak ArcGIS 10.1 sebagai generasi terbaru kelanjutan dari versi-versi sebelumnya. ArcGIS 10.1 mampu memanjakan para praktisi SIG dengan berbagai kemudahan yang diberikan dalam pengolahan data spasial. Berikut beberapa fungsi baru yang ditawarkan oleh ArcGIS 10.1:

  • Mendukung komputasi awan (cloud computing).
  • Kemudahan berbagi pakai dengan user lainnya.
  • Akses langsung terhadap basis data spasial.
  • Fasilitas kartografi yang lebih lengkap.
  • Fungsi-fungsi analisis yang lebih lengkap.

Namun yang menjadi kendala adalah kebutuhan perangkat keras dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Jangan harap perangkat lunak ini dapat bekerja dengan baik bila dipasang pada komputer-komputer produksi tahun 2000-an. So, bila ingin menggunakannya siapkan dulu perangkat keras yang mampu pendukungnya (produksi tahun 2010-an). Untuk mendapatkan perangkat lunak ArcGIS, silahkan klik link berikut ini ArcGIS 10.1

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s