Peta Dasar Awalan

Saat ini sudah banyak pihak yang merasakan manfaat data spasial – data yang memiliki referensi koordinat bumi – dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan. Data spasial pada awalnya hanya digunakan oleh bidang-bidang ilmu kebumian (earth sciences) yang memang terkait langsung dengan informasi spasial (keruangan). Dalam perkembangannya bidang-bidang non ilmu kebumian juga merasakan manfaat data spasial tersebut.

Perolehan data spasial dapat dilakukan dengan survei lapangan secara langsung, tentu dengan mencatat posisi/letak obyek-obyek yang disurvei. Posisi obyek dapat ditentukan secara relatif terhadap obyek lain atau secara absolut berdasarkan koordinat bumi yang dipakai. Metode perolehan data posisi dapat ditentukan secara konvensional dengan menggunakan tali meteran dan kompas, atau secara modern dengan menggunakan alat Global Positioning System (GPS). Saat ini GPS sudah tersedia secara luas dengan harga yang terjangkau. Data tersebut kemudian dapat diplotkan pada peta sehingga diperoleh data spasial obyek yang ada di lokasi bersangkutan.

Data spasial juga dapat diperoleh secara tidak langsung, yaitu dari citra penginderaan jauh, baik dengan wahana satelit, pesawat udara atau wahana lainnya. Dewasa ini perolehan citra satelit dirasakan jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan dasawarsa yang lalu. Dengan komunikasi melalui internet, seseorang dapat memesan citra satelit daerah yang dikehendaki, membayar dengan kartu kredit dan tinggal menunggu pengiriman. Dibandingkan dengan perolehan secara survei langsung, perolehan data spasial menggunakan citra penginderaan jauh memiliki beberapa keuntungan, diantaranya cakupan lebih luas, biaya relatif lebih murah, dan waktu yang dibutuhkan lebih sedikit. Namun demikian survei lapangan masih tetap dibutuhkan dengan batas tertentu untuk memverifikasi data hasil ekstrasi dari citra penginderaan jauh.

Kendala yang  masih tersisa adalah jika keduanya belum diperoleh, atau menunggu alokasi dana tersedia. Sementara itu data awal untuk presentasi awal sudah harus segera tersedia. Nah, bagaimana jalan keluarnya?

Base MapPerkembangan infrastruktur teknologi terkait dengan data spasial saat ini sudah cukup bagus. Data spasial dalam skala tertentu (umumnya skala tinjau) sudah tersedia secara online dan gratis. Data ini tentu dapat digunakan jika untuk keperluan tinjauan umum suatu daerah. Dengan perangkat lunak ArcGIS 10, seseorang dapat mengakses (menampilkan secara langsung di window ArcMap) data dasar yang tersedia, diantaranya: Bing Maps Aerial, Bing Maps Hybrid, Bing Maps Road, Imgery, National Geographic, OpenStreetMmap, Oceans, Streets, Terrain, dan Topographic. Disamping itu juga dapat diakses data spasial dari berbagai belahan dunia yang telah mengimplementasikan ArcGIS online. Yang paling ngiri adalah bahwa sebagian besar data tersebut adalah mencakup wilayah Amerika Serikat (ooo begitu baiknya provider data di USA yach…).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s